Tangerang, KompasOtomotif -PT Toyota Astra Motor (TAM) memulai peruntungan baru lewat multi purpose vehicle ( MPV) menengah Voxy. Sebenarnya, generasi ketiga Voxy ini sudah meluncur sejak empat tahun lalu di Jepang, tetapi baru masuk ke Indonesia, tahun ini, tetapi sesuai model terkini yang dijual di negara asalnya.

Berbeda dengan NAV-1 yang lebih kalem, Toyota Voxy memang punya desain yang lebih sporty dengan ujung meruncing. Selain itu, Toyota juga punya Esquire di Jepang yang karakternya lebih elegan dari kedua nama sebelumnya. Di Indonesia, ketiganya mengisi segmen di antara Sienta dan Alphard.

Toyota menawarkan Voxy hanya satu varian, 2.0L CVT, dibanderol Rp 466 juta. Bagi konsumen yang mau punya alternatif pilhan MPV menengah yang cocok buat keluarga, tetapi masih oke buat kondangan, Voxy boleh dipertimbangkan.

Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).(Febri Ardani/otomania.com)

Eksterior

Tommy Hermansyah, Product Knowledge TAM, mengatakan, arah desain Voxy merupakan terapan gadget yang mengacu pada teknologi.

Wajah Voxy futuristik, lampu-lampunya bertumpuk. Daytime running light (DRL) terpisah dan berada di atas lampu depan namun menyatu dengan gril. Di belakang, konfigurasi lampu juga punya desain menumpuk.

TAM memilih spesifikasi yang terlengkap. Di sekujur bodi sudah dilengkapi aerokit dan pelek 16 inci. Ada tiga warna yang tersedia, yaitu hitam, white pearl, dan warna baru Inazuma Sparking Black.

Disebut Inazuma Sparking Black, karena kelir ini menawarkan sensasi yang berbeda. Saat terkena sinar matahari langsung, warna ini memunculkan efek emas. Namun di dalam ruangan, warnanya hitam seperti biasa.

Spesifikasi Voxy buat Indonesia spesial diselaraskan sesuai kebutuhan lokal, kata Tommy. Salah satunya TAM meminta Voxy memiliki jarak bodi terendah (ground clearance) 16,5 cm, itu setara Avanza dan Sienta namun tinggi dari Alphard. Angka segitu didapat karena settingsuspensi Voxy diminta yang terpanjang.

Jarak bodi terendah setinggi itu penting buat kendaraan di Indonesia. Alasan utamanya buat mudah beradaptasi dengan berbagai jenis jalan, selain itu juga sebagai batas aman melewati banjir.

Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017). Jok baris kedua captain seat.
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017). Jok baris kedua captain seat.(Febri Ardani/otomania.com)

Kabin

Tematis warna  Toyota Voxy yaitu hitam buat menunjang nuansa sporty, berbeda dari NAV-1 dengan warna interior baige. Semua jok dilapisi material kulit, khusus jok sopir dan penumpang depan mendapat handrest.

Fitur lainnya, kemudi tilt & telescopic, instrument cluster modern, AC tiga zona, semua jendela otomatis naik-turun, tombol starter mesin, power outlet 2,1 V fast charging, layar di bagian bawah buat penumpang baris kedua, dynamic parking camera.

Dua jok captain seat di baris kedua bisa digeser kanan-kiri dan depan-belakang. Buat mendapat ruang lebih besar, dua jok itu bisa dimundurkan sampai mentok ke jok baris ketiga. Voxy punya 14 tempat penyimpanan yang menyebar di seluruh kabin.

Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).
Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).(Febri Ardani/otomania.com)

Toyota Voxy menggunakan mesin yang sama seperti NAV-1, yaitu 3ZR-FAE, 1.987cc, 4-silinder, 16 katup, DOHC. Tenaga yang dihasilkan 152 PS dengan torsi 19,7 kgm.  Fitur lainnya pada Voxy yaitu cruise control, double moonrood, 7 airbag, vehicle stability control, hill start assist, dan emergency brake signal.

Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).