Kenyamanan berkendara dapat tercipta salah satunya dengan menjaga kebersihan mobil baik bagian luar dan dalam.

Menjaga interior mobil Anda tetap bersih sama pentingnya dengan pemeliharaan bagian luar. Anda pastinya menghuni bagian dalam mobil selama berkendara, jadi akan baik buat kesehatan dan ketenangan pikiran jika interior kendaraan Anda dijaga kebersihannya.

Karena salah satu bagian penting dari interior mobil ini jarang mendapatkan perawatan, solusi yang seringkali kerap digunakan oleh para pemilik mobil agar jok mobilnya tetap terjaga adalah melapisinya dengan seat cover atau pelapis jok yang terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti beludru, kulit asli maupun kulit imitasi.

Salah satu bagian mobil yang sering kali terkena noda membandel adalah jok mobil. Nah bagi Anda yang ingin miliki tampilan mobil yang bersih, sebaiknya tidak mengabaikan noda pada jok mobil. Ini karena noda tersebut akan menjadi sulit untuk diatasi jok dibiarkan lama menempel.

Beruntung, membersihkan jok mobil ternyata cukup sederhana berkat adanya berbagai teknik dan produk pembersihan yang dibuat khusus untuk jok mobil. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah pelapis jok juga membutuhkan perawatan yang tepat sesuai dengan jenisnya agar kondisinya tetap bersih dan terjaga dengan baik.

Nah untuk membersihkan noda pada Jok, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah ketahui dulu jenis noda yang menempel pada jok mobil Anda. Noda yang berbeda terkadang harus dibersihkan pula dengan cara yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis noda yang sering menempel pada jok mobil dan cara membersihkannya.

Noda yang paling sering ditemui di jok mobil adalah noda dari minuman berwarna. Kebiasaan mengonsumsi minuman seperti kopi dan jus di dalam mobil, terkadang menimbulkan noda dari tumpahan yang tidak disengaja. Nah jika Anda memang tidak sengaja membuat noda, ada baiknya Anda segera bersihkan noda tersebut.

Jika Jok mobil Anda berbahan kulit, Anda dapat membersihkannya dengan sedikit air dan cairan pembersih. Untuk jok yang berbahan kain Anda dapat menyemprotkan cairan campuran air dan cuka, biarkan sebentar lalu bilas dan keringkan.

Noda yang berikutnya adalah saus atau kecap. Biasanya ini sering muncul di mobil pengendara yang senang mengonsumsi makanan cepat saji di dalam mobil. Terkadang di waktu mepet, makanan cepat saji memang pilihan terbaik untuk dimakan dalam perjalanan. Jika memang noda saus atau kecap yang jatuh menempel di jok, Anda dapat segera membersihkannya dengan kain yang dicelupkan cuka.

Setelah membersihkannya, tunggu hingga lima sampai sepuluh menit. Setelah itu Anda dapat berikan cairan pembersih, dan lap menggunakan kain bersih. Noda saus atau kecap pun akan hilang dalam sekejap.  Jangan lupa untuk membilas dan keringkan bagian yang dibersihkan.

Masih ada lagi beberapa jenis noda dan cara membersihkannya yang dapat Anda baca di laman berikutnya.

Sumber : otosia.com, http://www.toyota.astra.co.id