Miliki Jok mobil yang bersih tanpa noda dan tidak bau tentunya akan memberikan kenyamanan sendiri bagi penghuni kabin.

Oleh karena itu noda yang menempel di jok harus segera dibersihkan agar tidak menempel dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Sebelumnya telah dibahas beberapa cara untuk membersihkan noda jenis minuman berwarna, dan saus atau kecap. Kali ini akan dibahas jenis noda lainnya yang sering muncul di jok dan cara menghilangkannya.

Salah satu noda yang sering mengotori jok berasal dari muntahan. Saat mengendarai mobil tidak jarang ada saja penumpang yang mengalami mual dan muntah di dalam mobil. Nah noda muntah adalah salah satu yang harus dengan cepat dibersihkan agar naunya tidak mengganggu kosentrasi berkendara.

Untuk membersihkan noda jenis ini, Anda cukup dengan menggosok jok secara perlahan menggunakan kain basah dan cairan pembersih. Setelah menggosoknya Anda dapat membilas dan keringkan. Jika bau tidak sedap masih tercium setelah Anda membersihkan noda, Anda dapat menaburkan baking soda di area tempat  yang terkena muntah tersebut.

Noda yang berikutnya adalah darah.  Untuk noda darah, membersihkannya tidak boleh sembarangan. Salah- salah noda malah semakin membandel dan menempel di jok secara permanen.Yang perlu Anda ketahui adalah jangan pernah menggunakan air hangat atau panas saat membersihkannya. Darah akan dengan mudah mengeras dan terikat ke dalam serat jok. Jadi yang terbaik untuk dilakukan adalah dengan air dingin yang dicampur dengan garam atau perasan lemon.

Noda yang berikutnya adalah salah satu yang paling bandel yaitu permen karet. Biasanya anak – anak yang iseng adalah pelaku utama noda ini bisa menempel di jok. Nah untuk menghilangkan noda ini Anda dapat mendinginkannya.

Ambil es batu dan tempelkan di permen karet selama 6 sampau 10 menit. Congkel ketika permen telah mengeras. Perlu kehati- hatian saat mencongkel jangan sampai jok Anda rusak tekena congkelan pisau. Gososk jok dengan cuka dan air bersih bila masih ada noda.

Yang terakhir adalah noda makeup. Biasanya noda ini sedring muncul di mobil pengendara wanita. Noda makeup seperti lipstik atau maskara sering menempel ke jok. Nah cara mudah untuk membersihkannya adalah dengan cukup mengunakan pasta gigi, setelahnya bilas dengan air. Jika noda masih tersisa gosok menggunakan kain yang telah diberi alkohol.

Untuk menghilangkan noda dari lipstick juga bisa dengan menggunakan formula pengencer cat dan kain katun. Tuangkan sedikit pengencer cat ke dalam cangkir dan tambahkan air dengan takaran yang sama. Celupkan lap katun ke dalam cangkir itu dan gosokkan ke noda. Taburkan garam atau cornmeal pada noda tersebut, lalu diamkan semalaman. Bersihkan bagian ini dengan penghisap debu sesudahnya.

Selanjutnya cara untuk membersihkan jok yang berbahan beludru. Untuk jok yang terbuat dari bahan yang satu ini memerlukan ekstra hati-hati saat merawat dan membersihkannya agar tidak mudah rusak dan bahannya tetap terjaga dengan baik.

Siapkan beberapa peralatan yang bisa digunakan untuk membersihkan seperti lap bersih sikat, vacuum cleaner, dan cairan atau obat penghilang noda (pembersih beludru) yang banyak tersedia di pasaran atau toko variasi / aksesoris otomotif.

Sedot kotoran di sela-sela permukaan terlebih dahulu dengan vacuum cleaner. Selanjutnya semprotkan cairan pembersih ke permukaan jok. Lalu lap jok dengan kain bersih. Dalam proses pengeringan, sebaiknya jangan meletakkannya di bawah sinar matahari langsung.

Sumber : Otosia.com, http://www.toyota.astra.co.id