Jakarta – Beberapa waktu lalu Toyota Kijang genap berusia 40 tahun.

Dalam kurun waktu empat dekade tersebut, Kijang sudah memiliki enam generasi di mana generasi keenamnya yakni All New Kijang Innova.

Mobil ini dirilis pada November 2015 silam dengan membawa perubahan di eksterior, interior, mesin dan fitur.

Kendati harus keluar uang banyak untuk mendapatkannya, namun tak sedikit orang yang masih mau membelinya.

(BACA JUGA: Inilah Fakta-Fakta Toyota Kijang Setelah 40 Tahun)

Bahkan, All New Toyota Kijang Innova (ANKI) mempunyai catatan penjualan yang baik untuk mobil yang berada di rentang harganya.

Kenapa All New Kijang Innova masih mampu merebut hati konsumen? Apa saja alasan untuk meminangnya? Ini dia ulasannya

Bodi Lebih Bongsor

All New Toyota Kijang Innova menjalani world premiere pada 23 November 2015 di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta.

Masih sama seperti generasi sebelumnya, All New Toyota Kijang Innova dibangun dari basis yang sama dengan Toyota Fortuner dan Hilux.

Dari segi desain, All New Toyota Kijang Innova terlihat lebih modern dan mewah dari pendahulunya.

Di samping itu, dimensinya juga lebih bongsor dari model yang digantikannya.

undefined
All New Toyota Kijang Innova

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, All New Toyota Kijang Innova berperawakan lebih panjang 13 cm, lebih lebar 6 cm, dan lebih tinggi 5 cm.

Dengan tubuh yang makin melar, jelas All New Toyota Kijang Innova memiliki kelegaan kabin yang baik dari pendahulunya.

Setali tiga uang dengan eksteriornya, interior All New Toyota Kijang Innova juga terlihat jauh lebih modern dan mewah.

Suasana di dalam kabinnya sudah benar-benar memberi identitas berbeda, lebih berkelas laiknya Alphard.

Perubahan Varian

Terjadi perubahan trim atau varian pada All New Toyota Kijang Innova.Mulai generasi ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak lagi menjual varian J dan E.Dengan demikian, varian G yang sebelumnya merupakan tipe menengah turun kasta menjadi varian terbawah.

Pun begitu dengan varian V yang sebelumnya merupakan Innova termahal, sekarang menjadi tipe menengah.

Varian termahal All New Toyota Kijang Innova diisi oleh tipe Q.

Pilihan Mesin

Semua tipe All New Toyota Kijang Innova memiliki pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis enam percepatan dengan teknologi automatic sport sequential shiftmatic yang perpindahan giginya bisa dilakukan layaknya transmisi manual.

Sama halnya dengan mesin, All New Toyota Kijang Innova juga menawarkan pilihan mesin bensin dan diesel baru yang jauh lebih bertenaga dari sebelumnya.

Mesin bensinnya berkode 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc dengan teknologi dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 139 dk dan torsi 183 Nm.

Untuk mesin diesel-nya menggunakan unit berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc yang mempunyai output tenaga sebesar 149 dk dan torsi 360 Nm.

Fitur Kelas Atas

Sudah menjadi rumus apabila sebuah mobil berganti model, maka ia juga mendapatkan banyak fitur baru, dan hal ini juga terjadi pada All New Kijang Innova.

Untuk All New Kijang Innova tipe G, ia sudah dilengkapi dengan tilt & telescopic steering, layar monitor berukuran 7 inci yang bisa dihubungkan ke USB, AUX, SD card, voice command, dan pelek 16 inci.

undefined
All New Kijang Innova ditawarkan dalam tiga tipe, G, V, dan terbaru tipe Q

Untuk fitur keselamatannya, Innova tipe G mempunyai airbag sebanyak tiga buah dan sistem pengeremannya sudah dilengkapi dengan ABS+EBD.

Satu hal yang patut disayangkan adalah, Innova tipe terbawah ini tidak dibekali dengan fitur immobilizer.

Mengingat Toyota Grand New Avanza tipe G sudah mengadopsi immobilizer, maka seharusnya All New Innova sebagai MPV yang levelnya berada di atas Avanza juga sudah mempunyai fitur anti maling tersebut.

Beralih ke All New Kijang Innova tipe V, trim ini memiliki layar monitor sebesar delapan inci yang bisa disambungkan ke internet, HDMI, DLNA, bluetooth, voice command, miracast. Pada varian ini barulah terdapat MID dengan layar TFT dan immobilizer.

Demi menciptakan suasana kabin yang mewah layaknya Toyota Alphard atau Vellfire, All New Kijang Innova V sudah mendapatkan premium illumination LED berwarna biru.

Pengaturan AC digital dengan mode auto juga ada di varian menengah ini.

Tersedia juga seat back table yang bisa dijadikan sebagai meja makan ataupun tempat untuk menaruh laptop.

Pintu Bagasi Otomatis Rapat

Kemudian untuk All New Kijang Innova tipe Q yang merupakan varian termewahnya memiliki fitur yang sangat lengkap seperti lampu follow me home yang akan menyala selama beberapa saat setelah kita mematikan mobil.

Pintu bagasinya juga mendapatkan fitur smart close back door system yang mana dengan adanya teknologi ini, apabila pintu bagasi tidak tertutup rapat, maka fitur ini akan mengencangkan dengan sendirinya.

undefined
Buka tutup bagasi masih manual, namun sudah terdapat mekanisme vacuum saat menutup

Di sektor penerangan, Innova tipe Q sudah mengadopsi lampu projector lens dengan bohlam LED.

Khusus untuk Innova Q bermesin diesel, bannya sudah menggunakan ukuran 17 inci, sedangkan untuk varian bensin masih memakai ukuran 16 inci, atau sama seperti yang diaplikasikan pada tipe G dan V.

Interior Ala Vellfire

Masuk ke interiornya, perbedaan yang paling terlihat jelas antara All New Innova Q dengan dua varian di bawahnya adalah adanya captain seat pada bangku baris kedua.

Selain itu, untuk memperkuat kesan mewah, interior Innova Q diberi warna hitam dengan sedikit sentuhan panel kayu pada dasbor dan setir.

Tidak seperti varian G dan V, head unit Innova tipe Q sudah bermodel in-dash yang bisa dioperasikan melalui air gesture.

Sama seperti All New Alphard/Vellfire, All new Innova Q juga sudah memiliki all auto power window pada keempat jendelanya.

undefined
Posisi paling enak di All New Kijang Innova

Untuk menghidupkan varian flagship Kijang Innova ini, anda hanya perlu mengantongi remote dan menekan tombol start/stop engine yang ada di dasbor.

Khusus All New Kijang Innova tipe Q bermesin diesel, ia sudah kedapatan vehicle stability control (VSC), yang berguna untuk mengatur agar mobil tidak kehilangan kendali baik itu oversteer maupun understeer dan mobil tetap bisa dikendalikan oleh pengemudi.

Kemudian ada juga fitur hill assist control (HAC) yang akan sangat berguna ketika kita menghadapi kondisi lalu lintas stop n go di jalan yang menanjak agar mobil tidak mundur.Untuk menjamin keselamatan seluruh penumpangnya, Innova tipe teratas ini dibekali airbag sebanyak tujuh buah.

Smart Light di Bawah Spion

Karena All New Kijang Innova mempunyai dimensi yang bongsor, maka untuk memudahkan pengemudi dalam melakukan parkir, mobil ini diberikan sensor parkir berikut kamera mundur.

Lantas juga ada smart light yang menyala ketika mobil mendeteksi pemiliknya sedang mendekat dan mengantungi kunci, lampu tersebut terdapat di bagian bawah spion.

Kendati All New Innova tipe G dan V memiliki fitur yang tidak selengkap tipe Q, namun ada beberapa fitur yang bisa ditemui pada ketiga varian tersebut seperti ISOFIX, glove box dengan pendingin dan dua pilihan mode berkendara ECO dan POWER.

Lahirnya Innova Venturer

Pada akhir 2016, Toyota mengeluarkan Innova Venturer. Di saat Innova Venturer datang, Innova tipe Q bermesin diesel tidak lagi dijual.

Dengan kata lain, Toyota melahirkan Innova Venturer untuk menggantikan Innova tipe Q diesel sebagai varian termahal Kijang Innova.

Sama sekali tidak ada perbedaan spesifikasi antara Innova Venturer dengan Innova tipe Q. Tapi, Innova Venturer tampil lebih sporti berkat penggunaan bodi kit dan pelek berwarna hitam.

undefined
New Toyota Venturer BEST OF THE BEST MPV 2017

Meskipun tidak ada perbedaan fitur antara Innova Venturer dengan Innova tipe Q, namun mobil ini memiliki interior yang lebih mewah karena seluruh joknya sudah dilapis kulit.

Saat diluncurkan, Innova Venturer dilepas dengan harga Rp 455 juta.

Dengan label harga tersebut, wajar rasanya jika Toyota mulai meninggalkan nama Kijang, alih-alih sebagai strategi agar tidak kehilangan konsumennya.

Konsumsi BBM, Upaya Lebih Efisien

Toyota Kijang Innova keluaran awal (2004-2015) dikenal sebagai mobil yang konsumsi BBM-nya tidak hemat. Citra ini dicoba untuk dihilangkan oleh penerusnya.

Dari hasil pengetesan OTOMOTIF, All New Kijang Innova bermesin bensin dengan transmisi manual mampu mencetak figur 1:8,6 km/liter di rute dalam kota.

Jelas tidak irit, tapi minimal catatan tersebut sudah lebih baik dari pendahulunya yang hanya menghasilkan 1:7,9 km/liter.

Dengan berjalan konstan 100 km/jam di rute tol, All New Toyota Kijang Innova bensin manual mampu mencetak angka 1:13,3 km/liter.

Bagaimana dengan All New Kijang Innova bermesin bensin dengan transmisi otomatis?

undefined
ANKI 2016

Masih dari hasil pengetesan kami, di rute dalam kota, mobil ini mempunyai catatan konsumsi BBM yang serupa dengan versi manualnya.

Sedangkan ketika berjalan konstan di rute tol dengan kecepatan 100 km/jam, All New Kijang Innova bensin otomatis mencetak figur 1:12,7 km/liter.

Lantas, bagaimana dengan yang bermesin diesel?

Sayangnya, kami belum mendapat kesempatan untuk menguji All New Kijang Innova diesel bertransmisi manual, tapi, kami sudah pernah mengulas secara mendalam yang bertransmisi otomatis.

Di rute dalam kota, All New Kijang Innova mampu menorehkan angka 1:10,5 km/liter dan ketika berjalan di kecepatan 100 km/jam di rute tol, ia mampu meraih angka 1:16,8 km/liter.

Harga? Sudah Kelas Menengah

Karena All New Kijang Innova baru dilempar ke pasar pada akhir 2015, tentunya akan sedikit sulit untuk mendapatkan unit sekennya yang diproduksi pada tahun itu.

Makanya, kami memberikan harga pasaran All New Kijang Innova semua tipe keluaran 2016.

All New Kijang Innova bensin bertransmisi manual saat ini memiliki harga pasaran sekitar Rp 260 – 270 jutaan.

Sedangkan untuk yang bertransmisi otomatis berada di kisaran harga Rp 270 – 280 jutaan.

Untuk versi diesel-nya yang bertransmisi manual, harganya dipatok di angka Rp 300 jutaan, dan untuk yang bertransmisi otomatis, harganya kira-kira lebih mahal Rp 10 juta dari varian manual.

Lanjut ke All New Kijang Innova tipe V yang bermesin bensin dengan transmisi manual, saat ini harganya dibanderol sekitar Rp 290 juta.Sementara untuk yang bertransmisi otomatis dilego dengan harga Rp 310 jutaan.

Tertarik dengan All New Kijang Innova V bermesin diesel? Siapkan uang lebih banyak karena untuk yang bertransmisi manual, harganya bertengger di angka Rp 330 – 340 jutaan dan Rp 350 jutaan untuk yang bertransmisi otomatis.

Satu hal yang cukup menarik dari All New Kijang Innova Q yang bermesin bensin adalah, baik yang bertransmisi manual maupun otomatis memiliki harga pasaran yang sama, yakni sekitar Rp 330 jutaan.

Jika ingin meminang All New Kijang Innova Q bermesin diesel, tentu saja anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Untuk yang bertransmisi manual ditawarkan dengan harga sekitar Rp 360 jutaan.

Dari penelusuran kami di situs jual mobil, All New Kijang Innova diesel bertransmisi otomatis dijual dengan harga mulai dari RP 375 jutaan.

Rival, Sisi Kekalahan ANKI

Boleh dibilang All New Kijang Innova tidak memiliki lawan yang benar-benar seimbang dengannya.

Dengan label harga yang disandangnya, seharusnya All New Kijang Innova bisa langsung dihadapkan dengan Mazda Biante, Mitsubishi Delica dan Nissan Serena.

Tapi All New Kijang Innova tidak bisa dihadapkan begitu saja dengan ketiga mobil tersebut karena jika diadu, otomatis Innova langsung mendapatkan kekalahan di sektor kepraktisan.

undefined
Aneka fitur Nissan Serena

Iya, pintu belakang All New Kijang Innova masih menggunakan model konvensional, sedangkan Biante, Delica dan Serena sudah memakai pintu geser elektrik.

Tidak hanya pintu geser elektrik, kepraktisan Biante, Delica, dan Serena juga terdapat pada banyaknya pengaturan konfigurasi bangku yang bisa disetel untuk tujuh atau delapan orang, dua hal itulah yang tidak dimiliki oleh All New Kijang Innova. (otomotifnet.com/Nugie)